Minggu, 15 April 2012

Panggil Aku Kartini Saja I (( Hari Kartini 21 April ))



SERIAL PANGGIL AKU KARTINI SAJA*
buruh migran (TKW) : sawah hijau royo-royo adalah kenangan. kini panen puso terus menerus karena bencana negeri ini (banjir, kemarau, hama, bencana ekologi), usaha tani tekor (harga panenan rendah sementara asupan pertanian membumbung tinggi), dan perampasan tanah,upah, kerja oleh estate-estate atau cukong tambun dengan lindungan bedil atau tidak. demikian pula kampung-kampung nelayan semakin terpuruk akibat bahan bakar yang melangit, wilayah tangkap yang semakin terbatas akibat jelajah kapal-kapal kaum modal besar dan banjir impor ikan (yang sebagian dicuri kapal-kapal asing dari perairan indonesia). tkw menjadi pilihan terpaksa, karena lapangan kerja industrial dan perkotaan pun sangat terbatas. bersiap ke negeri yang asing dan tak ramah atau negeri antah berantah atau negeri gurun yang liar, tanpa perlindungan negara yang memadai. bersiap dengan kekerasan fisik, kekerasan seksual, kekerasan psikis. diperlakukan seperti setengah manusia, setengah budak. serta pengguntingan upah yang kejam oleh majikan, birokrasi negeri (kelas teri) dan perusahaan pengerah tenaga kerja busuk.

SERIAL PANGGIL AKU KARTINI SAJA*
"Barangsiapa tidak berani, dia tidak bakal menang!; itulah semboyanku! Maju! Semua harus dimulai dengan berani! Pemberani-pemberani memenangkan tiga perempat dunia"

"Sebagai pengarang, aku akan bekerja secara besar-besaran untuk mewujudkan cita-citaku, serta bekerja untuk menaikkan derajat dan peradaban Rakyat kami."

Kartini via Pramoedya Ananta Toer ( *Panggil Aku Kartini Saja - Lentera Dipantara 2003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar